Amalan Yaumiyah Wanita Haidh di Bulan Ramadhan

Assalamu’alaikum Ya Ukhti Ya Ukhti

komik-muslimah-448

Tak terasa ya, ternyata menginjak hari ke 6 Ramadhan. Subhanallah. Hayoo ngaku, buat yang cewek, udah pada bolong belum puasanya? Edisi kali ini saya akan membahas tentang cewek. Jadi, untuk yang berjenis kelamin ‘bukan’ cewek, untuk sementara tadarus dulu aja ya. Hihihi. Nah, udah ketebak kan kenapa salamnya hanya untuk ukhti? Yup, benar sekali. Seperti yang saya katakan di atas, bahwa kali ini saya akan mengupas –kayak mangga- tuntas bagaimana sih seorang muslimah menghadapi Ramadhan dalam keadaan haidh? Pasti pada bingung kan, Ramadhan kan bulan kita untuk kita panen pahala. Lalu yang lagi diberi istirahat sama Allah, harus ngapain donk? Masa Cuma duduk diam sambil mengkhayal bakal dapet panenan tanpa berusaha? Gak mungkin kan?

Saatnya kita untuk menerima ikhlas keadaan setiap wanita, karena wanita begitu istimewa. Allah telah memberikan keistimewaan kepada wanita melebihi lelaki. Bukankah seorang lelaki harus lebih hormat 3 kali kepada ibu daripada bapak? Bukankah seorang ibu adalah wanita? Nah, gimana nih caranya walaupun haidh masih bisa panen pahala berlipat ganda? Yuk, initip tips-tips berikut, cekidot……….

1.     Menyediakan menu berbuka puasa untuk orang yang berpuasa

Menyediakan makanan untuk orang berpuasa berpotensi mendatangkan pahala sama dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut.

Dalam sebuah hadits diceritakan bahwasannya “Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa yang memberi hidangan untuk berbuka bagi orang-orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun” (HR. Bukhari Muslim).

Nah, begitu sayangnya Allah pada kita kan? Walaupun tidak ikut merasakan lapar dan dahaga, namun tetap berpahala sama seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut. Subhanallah.

 2.     Memperbanyak berdzikir dan berdo’a sepanjang hari

Masih ingat kan tentang waktu-waktu yang mustajab untuk berdo’a? Nah, salah satunya di bulan Ramadhan. Bagi para muslimah yang masih diberi keringanan oleh Allah untuk sejenak istirahat dari aktivitas ibadah kepadaNya, masih boleh kok kalau berdzikir dan berdo’a. Lalu, muncul pertanyaan, dzikir dan do’a yang bagaimana? Bukankah banyak dzikir dan do’a yang diadopsi dari Al-Qur’an?

komik-muslimah-158

Betul sekali, meskipun wanita haidh tidak diperbolehkan sholat atau membaca Al-Qur’an, tapi Rasulullah menganjurkan wanita untuk memperbanyak do’a dan dzikir agar terhindar dari godaan syetan yang terkutuk.

 3.     Mengingatkan saudaranya untuk beramar ma’ruf nahi munkar

Hanya mengingatkan saudaranya untuk beramar ma’ruf nahi munkar pun, kita dapet pahala lho kawan. Jadi, yuk muslimah-muslimah yang masih rehat, jangan hanya duduk diam melihat saudaranya yang sudah ada adzan masih nongkrong di depan TV, sekali-kali tegur donk, masa mau ketemu sang Kekasih masih ogah-ogahan? Gak banget kan? Ayo, berlomba-lomba menuju kebaikan dan taqwa. Fastabiqul Khoirot.

 komik-muslimah-421

 4.     Memperbanyak istighfar dan shodaqoh

Memperbanyak istighfar dan shodaqoh juga harus kalian lakukan lho. Karena istighfar dan shodaqoh yang dilakukan di bulan penuh rahmat ini mendatangkan pahala berlipat ganda.

komik-muslimah-144

Shodaqoh tidak harus berwujud uang juga lho. Shodaqoh juga berwujud lain, misalnya saja dengan senyuman. Jangan salah, senyum juga shodaqoh yang paling mudah namun pahalanya Masya Allah, tiada terkira. So, sudah berapa senyuman yang kau berikan untuk saudaramu hari ini?

 komik-muslimah-206

 5.     Menuntut Ilmu

“Rasulullah SAW bersabda : Tuntulah ilmu sampai ke negeri Cina”

Menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap muslim muslimah, bahkan sangat dianjurkan oleh Baginda Nabi Rasulillah SAW. Menuntut ilmu bagi wanita haidh di bulan Ramadhan dapat dilakukan dengan cara mengunjungi majelis-majelis ilmu, karena dalamsuatu majelis ilmu akan hadir para malaikat-malaikat yang mendo’akan orang-orang yang hadir dalam majelis ilmu tersebut. Membaca buku juga termasuk kriteria menuntut ilmu lho.

 komik-muslimah-166

Salah satu kriteria wanita sholihah adalah selalu bersemangat dalam menuntut ilmu, semangat dalam mengamalkan ilmunya dan semangat mengajak orang lain untuk mengajarkan ilmunya, dengan demikian di bulan Ramadhan yang berlipat pahala ini tidak terhalang karena tidak berpuasa, sepantasnya menyibukkan diri meluangkan waktu untuk bersemangat menuntut ilmu yang manfaat di dunia hingga akhirat.

Nah, itu dia amalan-amalan yang harus muslimah lakukan saat dirinya tengah mengambil masa cuti yang rutin diberikan oleh Allah. Jadilah muslimah yang tangguh yang mampu menghadapi tempaan badai kehidupan, tetaplah menjadi muslimah yang ridha dan ikhlas akan segala keterbatasan yang dimiliki. Hanya satu kata yang bisa saya ungkapkan. Bahwa wanita itu HEBAT.

Dengan segala kerendahan hati saya dan Komik Muslimah mengucapkan :

komik-muslimah-99

Alhamdulillah, daep award dari Komik Muslimah. Terima kasih Kakak ^_^

award 2a

Iklan

2 thoughts on “Amalan Yaumiyah Wanita Haidh di Bulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s